Rabu, 20 November 2013

Bagaimana SMA Negeri 1 Jember?


Logo SMA Negeri 1 Jember
sumber : google.com

Enam puluh tahun sekolah tercintaku ini berdiri dan telah berdedikasi dalam kancah pendidikan Indonesia umumnya, dan pendidikan di Jember khususnya. SMA Negeri 1 Jember, yang merupakan sekolah menengah atas pertama di Kabupaten Jember, berdiri sekitar tahun 1953. Semenjak berdirinya hingga sekarang, sekolah tercintaku ini telah dipimpin oleh sebanyak 10 (sepuluh) orang hebat atau kepala sekolah, mulai dari kepimpinan Bapak RA Djarkasi hingga kepala sekolah yang sekarang, Bapak Drs. Bambang Sumpeno M.M. yang memimpin sejak tahun 2004.

Visi SMA Negeri 1 Jember adalah pada awalnya “Cerdas dan Bermartabat dalam Persaingan Internasional”. Hal ini dimaksudkan agar siswa-siswi sekolah ini memiliki otak yang cerdas dan mental yang bermartabat (memiliki harga diri yang tinggi) guna menghadapi berbagai persaingan hingga ke taraf internasional. Saat masih ada penggolongan sekolah berdasarkan kualitasnya, SMA Negeri 1 Jember termasuk salah satu sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Berbasis Internasional). Tetapi, semenjak beberapa waktu yang lalu kebijakan ini dihapus. Dampaknya adalah berubah terhadap visi sekolah tersayangku ini. Visinya sekarang adalah “Cerdas dan Bermartabat dalam Komunitas Pendidikan Global”.



Gerbang Utama SMA Negeri 1 Jember

Lokasi SMA ini tepatnya berada di Jalan Letjend. Pandjaitan No. 55 Jember. Landmark yang paling bisa dihafal adalah di seberang sekolah ini, ada sebuah mini market Indomaret yang bersebelahan dengan Kantor SATLANTAS Jember. SMA Negeri 1 Jember hanya memiliki satu pintu masuk, yang juga merupakan gerbang utama, sehingga bila ada siswa terlambat akan ketahuan karena tidak ada jalan lain untuk masuk. Di dekat pintu gerbang, ada sebuah halte dan pos satpam tempat bapak-bapak satpam biasa ngepos atau berjaga.

Saat pertama masuk, hal yang bisa dilihat adalah pintu masuk utama, tempat parkir, dan mushola. Destinasi pertama yang dituju bila membawa kendaraan bermotor sejenis sepeda motor pastinya adalah tempat parkir. Untuk masuk, ada tiga jalan yang bisa dilalui, yakni lorong dekat tempat parkir, lorong dekat mushola, dan pintu utama yang berpintu kaca. Biasanya, para siswa maupun bapak ibu guru melewati lorong dekat tempat parkir karena paling dekat dari tempat memarkir sepeda motor dan juga di situ tempat untuk check-clock (absensi dengan mengidentifikasi sidik jari).

Di SMA ini terdapat satu lapangan yang cukup luas, dengan tiang bendera di sisi utara. Di sisi utara lapangan juga terdapat sebuah pohon beringin yang bisa dibilang cukup legendaris. Bila dipetakan, berikut ruang-ruang di SMA Negeri 1 Jember :
  1. Sebelah timur pohon beringin untuk lantai satu, terdapat ruang kelas XI IA 2, XI IA 1, dan kantin. Sedangkan di lantai dua terdapat ruang kelas XII IS 2, XII IA 6, XII IA 5, XII IA 4, XII IA 3, dan XII IS 1.
  2. Sebelah utara beringin, ada ruang kelas yakni XI IA 3, XI IA 4, XI IA 5, dan XI IA 6.
  3. Sebelah selatan beringin, terdapat ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang TU untuk lantai satu. Di lantai dua terdapat ruang OSIS, ruang pembina kesiswaan, dan ruang BK.
  4. Sebelah barat lorong dekat tempat parkir terdapat ruang kelas XI IA 7, XI IS 1, XI IS 2, laboratorium biologi.
  5. Sebelah barat daya beringin, berdiri sebuah perpustakaan di lantai satu. sedangkan di lantai dua terdapat ruang kelas XII IA 2 dan XII IA 1.
  6. Sebelah utara lorong dekat tempat parkir, terdapat laboratorium multimedia, ruang data, laboratorium TIK, laboratorium bahasa, dan kelas XII ACP untuk lantai satu. Untuk lantai dua, terdapat ruang kelas X MS 1, X MS 2, X MS 3, X ACP, X MS 4, X MS 5, X MS 6, X MS 7, X SOS. Di lantai dua juga terdapat laboratorium kimia.
  7. Di belakang gedung deretan laboratorium bahasa, dst. ada tempat untuk fotokopi, sekret PMR, dan kamar mandi putra.
  8. Di belakang gedung deretan kelas XI IA 3, XI IA 4, dst. terdapat kamar mandi putri.

Sekolahku telah banyak berprestasi dalam berbagai lomba di berbagai tingkat, mulai dari Kabupaten hingga Internasional. Prestasi membanggakan yang pernah diraih sekolah tercintaku ini adalah meraih medali emas di Olimpiade Matematika Internasional, sekitar tahun 2007. Prestasi di kancah OSN (Olimpiade Sains Nasional) juga tidak kalah membanggakan. SMA Negeri 1 Jember sering meloloskan delegasinya hingga ke tingkat nasional setiap tahunnya. Yang terbaru adalah lolos nasional OSN 2013 bidang fisika dan geografi.

Kalau soal kegiatan akademik, SMA Negeri 1 Jember sudah bisa dibilang sangat profesional dalam mengaturnya. Hal ini dibuktikan dengan jarangnya diadakan libur sekolah pada saat sekolah benar-benar ada kegiatan atau pulang lebih awal. Kedisiplinan sangat dijunjung tinggi di sini. Persaingan yang ketat merupakan makanan sehari-hari bagi siswa-siswinya yang dibukitkan dengan nilai rapor. Metode pembelajaran yang diterapkan pun juga disesuaikan semirip mungkin dengan apa yang dituntutkan oleh Depdiknas. Hal ini berkat jasa para guru yang berkompeten di bidangnya.
 

Selain berkiprah dalam prestasi akademik, SMA Negeri 1 Jember juga memiliki beberapa prestasi non-akademik. Seperti yang dilakukan oleh ekstrakurikuler Paduan Suara, menjuarai berbagai Lomba Paduan Suara tingkat Kabupaten dan Provinsi, ekstrakurikuler Paskibra, yang meloloskan beberapa anggotanya dalam Paskibra Kabupaten maupun Provinsi, ekstrakurikuler KIR, menjuarai berbagai lomba Karya Tulis Ilmiah di berbagai tingkat, dsb.


Untuk kegiatan non-akademik, selain dalam bentuk ekstrakurikuler, SMA Negeri 1 Jember punya berbagai kegiatan yang dilaksanakan waktu-waktu tertentu. Kegiatan yang paling besar adalah KIRANA (Kibaran Seni Arek SMASa). Acara ini merupakan pentas seni kreasi siswa SMASa yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. OSIS dan MPK selaku panitianya setiap dilaksanakannya. Isi acaranya adalah berbagai penampilan bergengsi, baik dari interen sekolah maupun mengundang dari pihak luar. KIRANA telah berlangsung sebanyak 13 kali. Ada juga Nuansa Biru (NUBIR) yang dilaksanakan setiap tahun guna acara perpisahan siswa kelas XII sebelum melanjutkan ke kuliah.

Sekali lagi, SMA Negeri 1 Jember merupakan sekolah yang kualitasnya benar-benar teruji dan kredibilitasnya selalu terjaga. Tidak salah bila siswa-siswi yang pintar dan cerdas dari berbagai daerah berbondong-bondong menjadi siswa sini setiap tahunnya. It is not a big mistake to be here. Join us, soon!

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas and Encore LEG - MapYRO
    The 계룡 출장마사지 Wynn Las Vegas and Encore LEG, located 과천 출장마사지 in Las Vegas, offers guests luxurious experiences with 구리 출장마사지 amenity-laden rooms, restaurants, a relaxing spa and 구미 출장샵 a 남양주 출장마사지 golf course.

    BalasHapus